Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2016/2017 SMK Negeri Dander
Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2016/2017 SMK Negeri Dander
KISI-KISI
UJIAN NASIONAL
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN/MADARASAH ALIYAH KEJURUAN
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
1. Bahasa Indonesia
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||||
Membaca
NonSastra
|
Membaca Sastra
|
Menulis
Terbatas
|
Menyunting
Kata/Istilah, Frasa, Kalimat, dan Paragraf
|
Menyunting
Ejaan dan Tanda Baca
|
|
Pengetahuan dan Pemahaman
·
Mengidentifikasi
·
Memaknai
·
Menentukan
|
Siswa dapat
memaknai istilah/kata
|
Siswa dapat :
- Menentukan kata yang
bermakna/majas/kias dalam sastra
- Mengidentifikasi unsur karya
sastra
|
Siswa dapat mengisi
dengan kata/istilah yang tepat sesuai konteks
|
Siswa dapat :
-
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata
-
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan konjungsi
-
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kalimat
|
Siswa dapat :
-
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan
-
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan tanda baca
|
Aplikasi
·
Menangkap
informasi eksplisit
·
Menginterprestasikan
·
Menangkap
informasi implisit
·
Menggunakan
|
Siswa dapat :
-
Menemukan
ide pokok
-
Menyimpulkan
isi tersirat dalam teks nonsatra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis,
|
Siswa dapat :
-
Menentukan
isi tersurat dalam karya sastra
-
Menyimpulkan
isi tersirat dalam karya sastra
|
Siswa dapat :
- Melengkapi unsur teks
(eksposisi, negoisasi, deskripsi, biografi)
- Melengkapi unsur karya sastra
lama (pantun)
|
Siswa dapat :
-
Menggunakan
istilah dalam kalimat
-
Menggunakan
kata bentukan (mengisi semua kaidah bentukan kata)
-
Menggunakan
kalimat
|
Siswa dapat :
- Menggunakan ejaan
- Menggunakan tanda baca
|
Kisi-kisi SMK/MAK Tahun 2016/2017
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||||
Membaca
NonSastra
|
Membaca Sastra
|
Menulis
Terbatas
|
Menyunting
Kata/Istilah, Frasa, Kalimat, dan Paragraf
|
Menyunting
Ejaan dan Tanda Baca
|
|
|
Keberpihakan,
sebab-akibat)
- Menemukan inti kalimat
|
|
-
Melengkapi
unsur ulasan
-
Melengkapi
unsur teks prosedur (langkah)
|
(Mengisi kalimat
yang sesuai)
|
|
Penalaran
·
Menunjukkan bukti
·
Membandingkan
·
Menanggapi/mengomentari
·
Merefleksi
·
Mengevaluasi
|
Siswa dapat :
-
Membuat
ringkasan teks
-
Mengomentari
pendapat yang terdapat pada teks
-
Menunjukkan
bukti dari simpulan
-
Menunjukkan
hubungan antar bagaian teks
|
Siswa dapat :
-
Menganalisis
hubungan antar unsur
-
Menentukakan
bukti watak, setting
-
Mengaitkan
isi dengan kehidupan saat ini
-
Menilai
keunggulan/kelemahan karya sastra
-
Membandingkan
pola karya sastra (bedasarkan gaya, tema, unsur)
-
Meringkas
isi karya sastra
|
Siswa dapat :
-
Mengurutkan
peristiwa dalam cerita
-
Mengurutkan
langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk
-
Memvariasikan
kata (sinonim)
-
Memvariasikan
kalimat
-
Menyusun
paragraf dari beberapa data
-
Menyusun
simpulan dari beberapa data
|
Siswa dapat :
- Memperbaiki kesalahan
penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak
lengkap)
- Memperbaiki kesalahan
penggunaan paragraf
- Memperbaiki kesalahan
penggunaan kata
|
Siswa dapat :
- Memperbaiki kesalahan
penggunaan ejaan
- Memperbaiki kesalahan
penggunaan tanda baca
|
Kisi-kisi SMK/MAK Tahun 2016/2017
0 komentar :